Kabupaten Pohuwato Siap Kolaborasi Dengan BP2MI

Jumat tanggal 10 Desember 2021. Hendra Makalalag selaku pimpinan dari UPT BP2MI Manado, bersilaturahmi ke Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato Suharsi Igirisa.Dalam kunjungannya, Hendra menyampaikan tentang peluang kerja ke luar negeri khususnya peluang sebagai perawat dan perawat lansia di Jepang dan Jerman serta peluang sebagai pekerja migran formal di beberapa negara lain seperti Korea Selatan, Taiwan, Polandia, Norwegia, Australia dan beberapa negara di jazirah Arab.

“Saat ini Jepang dan Jerman sedang membutuhkan banyak pekerja khususnya pekerja di bidang kesehatan untuk ditempatkan sebagai perawat dan perawat lansia atau care worker. Gaji yang ditawarkan pun sangat fantastis. Untuk Jepang sendiri gajinya mulai dari Rp. 20 juta/bulan dan Jerman lebih besar lagi yaitu sekitar 38 juta/bulan. Untuk itu sebaiknya peluang yang sangat baik ini harus segera diambil oleh putra daerah ” Kata Hendra.

Dalam kesempatan yang sama, Hendra juga menyampaikan perihal amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, khususnya pasal 41. Di mana di pasal ini jelas disebutkan tugas dan tanggung jawab dari pemerintah daerah kabupaten/kota.

“Dalam pasal 41 UU nomor 18 tahun 2017, ada 11 tugas dan tanggung jawab pemda kabupaten/kota antara lain memberikan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia sebelum bekerja dan setelah bekerja di daerah kabupaten/kota yang kewenangannya serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kerja kepada Calon Pekerja Migran Indonesia. Untuk itu maksud kami melakukan silaturahmi hari ini, adalah agar apa yang sudah diamanatkan oleh UU dapat terlaksana dengan baik tentunya dengan kolaborasi positif dengan pemerintah daerah” jelas Hendra.

Wakil Bupati Puhowato Suharsi Igirisa menyambut dengan antusias kunjungan ini dan akan segera menjalin kerjasama dengan BP2MI. “Paparan peluang kerja ke luar negeri serta paparan tentang tugas dan tanggung jawab pemda kab/kota yang disampaikan oleh Kepala UPT BP2MI Manado, sangatlah bermanfaat bagi kami di daerah karena dapat membantu kami selaku pemerintah untuk mengurangi pengangguran dan juga meningkatkan kesejahteraan warga kami. Untuk itu dalam waktu dekat, kami akan segera mematangkan rencana sinergi dan kolaborasi dengan BP2MI agar apa yang sudah dibicarakan dan direncanakan hari ini akan segera terlaksana secepatnya” tutup Suharsi. (AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *