100% Warga Desa Tobongon Nikmati Akses Air Minum

  • Bagikan

Tobongon – Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Tobongon, H Selasa 31 Agustus 2021, resmi beroperasi untuk melayani 100 % Warga Desa Tobongon, dimana sebelumnya Tahun 2018, Desa ini juga mengelola dana bantuan yang sama tapi belum bisa memenuhi akses keseluruhan masyarakat untuk Air Minum.

Lewat Hibah Intensif Desa (HID) Masyarakat Desa Tobongon Kembali mengelola dana PAMSIMAS karena di Nilai Sukses mengelola SPAM sebelumnya sehingga Tahun 2020 di tetapkan sebagai Desa Penerima, yang di laksanakan pada Tahun 2021.

Uji fungsi dilaksanakan di beberapa Rumah Warga yang sudah mengakses Air Minum lewat Sambungan Rumah (SR) yang di hadiri oleh Aparat Desa, Pengurus Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), Ketua KP-SPAM, serta di saksikan Oleh faslitator Masyarakat dan fasilitator Senior PAMSIMAS BOLTIM,

Dalam pelaksanaan Uji fungsi tersebut Koordinator KKM Nudjul Mamonto  mengungkapkan “terima Kasih kepada PAMSIMAS, karena sampai dengan saat ini sudah  lima akses Air Minum di bangun di Desa kami (Tobongon –Red) tapi yang bisa berfungsi dengan baik dan bisa di Akses serta dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan Air Minum hanya yang di Bangun oleh PAMSIMAS, olehnya dengan adanya penambahan Akses Air Minum ini mampu menjangkau seluruh warga Tobongon”, ungkap Pria berbadan Subur ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Musyawarah Serah terima Desa (MDST) di Balai Desa, dari KKM ke KP-SPAM untuk pengelolaan dan pemeliharaan, termasuk penarikan distribusi Air Minum nantinya.

Desa Tobongon Mengelola dana HID PAMSIMAS Tahun 2021 sebesar Rp.200.916.000 untuk BLM, sedangkan Kontribusi Masyarakat dalam bentuk uang Tunai Rp.10.046.000,- untuk oprasional KKM, serta Kontibusi masyarakat dalam Bentuk Kegiatan, bantuan Material yang di konversi dalam bentuk Uang Rp. 40.184.000, dengan Total layanan 1476 Jiwa sesuai dengan data Perencanaan tahun 2020 – (am)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *