Uji Fungsi Fasilitas Air Minum,

  • Bagikan

Warga Balukud, Terima Kasih Pamsimas

Berada pada ketinggian ± 800 meter Di Atas permukaan laut, Pemukiman yang berada di Wilayah Administrasi Desa Motongkad Utara yang dikenal sebagai Lokasi BALUKUD (Sebutan Warga Lokal), merupakan Lokasi transmigrasi Lokal yang di Huni oleh 56 KK (197) Jiwa sejak tahun 2006, adalah wilayah perkebunan Potensial, mengelola Dana PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) Tahun 2020, untuk Akses 100% Desa, atau HID (Hibah Intensif Desa) Kepada Desa Pasca Kontruksi yang dinilai Memiliki Kinerja Pengelolaan SPAM yang baik.

Di hadiri Langsung Oleh DC Roms 14 Pamsimas Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,  Rahmat Sartoyo Mokodompit, serta di Dampingi Oleh Fasilitator Yanti Wurangian dan Arman Mokoginta bersama dengan Sekretaris Desa Motongkad Utara, Roni Ahmad, KKM, SATLAK  melaksanakan Uji Fungsi fasilitas Air Minum, yang dibangun oleh PAMSIMAS Tahun 2020,  Jum’at 29 januari 2021 Siang tadi, disaksikan oleh Masyarakat Setempat.

Kegiatan ini menandakan berfungsinya Fasilitas Air Minum yang dilaksanakan oleh Program Pamsimas, untuk selanjutnya pengelolaan serta pemeliharaannya akan dilaksanakan sendiri oleh masyarakat lewat kelompok kerja KP SPAM,

KKM SATLAK MENANDATANGANI BERITA ACARA UJI FUNGSI

Dalam kesempatan tersebut ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Desa Motongkad Utara Iswandi Lasambu mengungkapkan, “Terima kasih kepada seluruh Pelaksana program PAMSIMAS yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini, Mulai dari proses perencanaan sampai dengan terlaksananya Uji Fungsi hari ini” Ucapnya

Sementara itu Sekretaris Desa Motongkad Utara Juga Menyampaikan hal yang sama, “dan semoga seluruh Upaya hari ini Bernilai Ibadah, karena untuk tahun ini juga direncanakan ada penambahan kepala keluarga di Lokasi permukiman ini sebanyak 40 KK baru” ungkap Sosok yang di nobatkan oleh Kementerian transmigrasi sebagai Pembina terbaik Transmigrasi tahun 2018.

Sementara itu DC Pamsimas Boltim Rahmat Sartoyo Mokodompit, menyampaikan bahwa “kegiatan hari ini adalah salah satu tahapan program yang harus dilaksanakan, serta meminta kepada tim fasilitator yang mendampingi untuk terus melakukan pendampingan terkait dengan seluruh Administrasi pertanggungjawab serta membenahi hal – hal yang masih kurang dilapangan untuk selanjutnya segera di laporkan ke kabupaten” imbuhnya.

Sekedar diketahui Desa Motongkad Utara mengelola Dana Pamsimas untuk Tahun 2020 sebesar Rp. 306.022.300 dengan Rincian APBN sebesar Rp. 244.817.900, Kontribusi Masyarakat (Inchas) dalam bentuk Uang Tunai Rp. 6.120.400, dan Kontribusi Masyarakat Dalam bentuk Tenaga Kerja, (HOK) Barang serta Material yang di Konversi sebesar Rp. 55.048.000, (am)

  • Bagikan